Pelantikan PW Pemuda Muhammadiyah Sumut

PWPM Foto

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Periode Amaliyah 2014 – 2018 resmi dilantik oleh Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah pada hari Sabtu 28 Agustus 2015. Pada acara tersebut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhamamdiyah yakni Dahnil Anzar Simanjuntak, SE., ME langsung melakukan pelantikan yang disaksikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Buya M Good Will Zubair. Prosesi pelantikan ini dihadiri beberapa tokoh-tokoh Masyarakat Sumatera Utara seperti Plt Gubernur Sumut Ir. Tengku Erry Nuradi, M.Si, Ketua DPRD Sumut H. Ajib Syah dan mantan-mantan tokoh pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara seperti Kamaluddin Harahap (Mantan Wkl DPRD SUMUT), DR.H.Bahdin Nur Tanjung, MM (Mantan Rektor UMSU), Zulfikri Bustami (Pengusaha Percetakan di Medan), DR.Agussani (Rektor UMSU), Ahmad Arif, SE., MM (Ketua DPD PAN Kota Medan), Zulkarnain M. Nur (Hakim) dan beberapa tokoh- tokoh pemuda yang lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan Laporan Ketua Panitia Amrizal, S.Si., M.Pd mengatakan bahwa acara pelantikan ini merupakan agenda awal dari kegiatan-kegiatan dari kepemimpinan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara. Pra pelantikan PW. Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara sudah melaksanakan kegiatan seperti :

  1. Memberikan santunan kepada pengungsi Rohingya.
  2. Melaksanakan kaderisasi Baitul Arqam Dasar bekerjasama dengan PD. Pemuda Muhammadiyah Kota Medan.
  3. Melaksanakan buka puasa bersama dengan kader-kader Pemuda Muhammadiyah se-Kota Medan, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali yang diikuti 200 orang peserta utusan dari daerah dan cabang se-Kota Medan.
  4. Melaksanakan kunjungan kerja dan buka puasa bersama PD. Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Langkat yang diikuti oleh 100 orang kader Pemuda Muhammadiyah.
  5. Melakukan Safari Ramadhan ke Kabupaten Labuhan Batu dan Tanah Karo sekaligus memberikan santunan kepada pengungsi Sinabung.
  6. Melaksanakan silaturrahmi alumni tingkat Wilayah Sumatera Utara.

Pasca pelantikan akan dilaksanakannya rapat kerja wilayah untuk menyusun program-program strategis yang akan dilaksanakan dalam satu periode ini dan masih banyak lagi acara-acara besar yang akan dilaksanakan oleh PWPM Sumut yang akan datang. Ketua PWPM Sumut Periode 2010 – 2014 Ihsan Rambe, SE., M.Si mengatakan sangat berterimakasih banyak kepada seluruh Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah yang telah meluangkan waktunya pada periode ini. Dan Ihsan berharap semoga kepemimpinan periode ini lebih baik daripada periode yang lalu.

Sementara Ketua terpilih M. Basir Hasibuan. M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemuda Muhammadiyah harus bisa menjadi pelopor kebangkitan moral bangsa dan akan terus berjuang mewujudkan pembangunan SDM pemuda di Sumatera Utara yang lebih baik. Pemuda Muhammadiyah akan terus melakukan program-program pembinaan kepemudaan, sehingga akan dapat melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan mandiri. Untuk itu kami sangat mengharapkan bantuan dan dukungan yang sebesar besarnya kepada kalangan Muhammadiyah Sumatera Utara, alumni dan pemerintah, sehingga apa yang kita cita-citakan untuk mewujudkan Sumatera Utara yang sejahtera dapat kita wujudkan.

Dalam sambutannya ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, SE., ME mengatakan Pemuda Muhammadiyah ini bisa kokoh dan tetap hidup karena di dalam hati para kader terdapat jiwa-jiwa yang ikhlas dan jiwa-jiwa jihad. Jiwa yang ikhlas tersebut ditandai bahwa setiap pimpinan dimulai dari tingkat ranting bahkan sampai ke tingkat pusat tidak pernah dibayar dan digaji bahkan pimpinan itu sendiri yang mengeluarkan uangnya jika ada acara yang tidak mempunyai uang yang cukup. Sementara jiwa jihad tersebut para kader pemuda Muhammadiyah rela berkorban untuk meluangkan waktunya bahkan terkadang waktu untuk keluarga pun terkadang terpakai, inilah yang tetap dipertahankan dalam pemuda Muhammadiyah.

Plt. Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya mengajak kepada seluruh komponen Pemuda Muhammadiyah untuk bersama-sama membangun Sumatera Utara, peran strategis Pemuda Muhammadiyah sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sumatera utara yang sejahtera. Untuk itu Pemerintah Propinsi Sumatera Utara akan selalu siap bergandeng bersama pemuda untuk melakukan program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara.

Diakhir kegiatan ini diisi dengan Tabligh Akbar yang disampaikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah yakni Buya M Good Will Zubair, dalam ceramahnya beliau mengatakan mengatakan pemuda ini merupakan pelanjut dari Muhammadiyah dan harus mempunyai nilai-nilai dan etika serta moral yang mantap. Tantangan zaman ini sudah sangat berat sekali jika pemuda terkhususnya Pemuda Muhammadiyah tidak mencirikan akhlak terbaik maka alamat nanti tidak ada lagi pelanjut generasi bangsa ini terkhususnya pelanjut Muhammadiyah ujar Buya M Good Will Zubair. Pemuda harus bisa menjadi pendorong bagi kebangkitan moral bangsa yang saat ini masih sakit, untuk itu peran dakwah pemuda Muhammadiyah sangat dibutuhkan.

Adapun susunan Kepengurusan Harian PWPM Sumatera Utara Periode 2014-2018 adalah: Ketua M. Basir Hasibuan, S.Pd.,M.Pd, Wakil Ketua Muhammad Arif, SE, Amrizal, S.Pd.,M.Pd, Munawir Pasaribu, MA, Dakkal Harahap, M.Pd, Azwar Situmpul, SH, Diki Shaleh Hasibuan, S.Km, Radiman Nasution, M.Si, Qahfi Romula Siregar, MM, Muhammad Syahrizal, A.Ma.Pd, Arif Suheri. Sementara Sekretaris Husni Mubarak, MA, Wakil Sekretaris Miftah Faridz, MA, Mhd. Lailan Arqam. M.Pd, Roby Fanreza, M.Pd.I, Zulham Sani, Zainuddin, MH, Syarifuddin Nasution, Joko Prapsilo, SE, Ibrahim, ST, Muhammad Reza, SE, Yoppy Akbar, SH. Bendahara Muhammad Soleh Tanjung, ST, Wakil Bendahara Bayu Sumantri Agung, Dedek Kurniawan Gultom, M.SI.

Related posts