Berani Tampil Di Depan Kelas

Berbahasa merupakan salah satu kemampuan yang kita miliki sebagai manusia. Sebagai makhluk sosial, kemampuan ini termasuk sangat penting. Melalui kemampuan inilah manusia dapat mengekspresikan serta mengomunikasikan pikiran dan perasaannya. Coba bayangkan, apa jadinya bila kita tidak dapat berbahasa. Tentunya, kita akan merasa hidup sendirian karena kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Secara garis besar, ada empat macam kemampuan berbahasa, yaitu mendengar, berbicara, menulis, dan membaca. Beberapa contoh berbahasa dalam kehidupan sehari-hari adalah mengobrol, membaca buku, menulis surat, dan sebagainya. Selain dalam kegiatan sehari-hari, ada pula kemampuan berbahasa yang digunakan pada saat-saat tertentu. Dalam satu situasi formal misalnya, kita mengenal keterampilan menulis laporan, membacakan pidato, dan presentasi. Rubrik ini akan membahas cara meningkatkan kemampuan untuk berani maju dan presentasi di depan kelas.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002: 894—895) disebutkan bahwa presentasi adalah penyajian atau pertunjukkan (tt sandiwara, film, dsb) kepada orang-orang yang diundang. Sementara itu, mempresentasikan berarti menyajikan; mengemukakan (dalam diskusi, dsb). Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa presentasi menyangkut kemampuan seseorang dalam berbicara atau menyampaikan dan menyajikan pemikiran, pendapat, analisis, dan sebagainya di hadapan orang lain.

[advanced_iframe securitykey=”4d018e4b7a56ab5baf3f3d676640a65497f68aa3″ src=”https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=99&idmateri=168&mnu=Materi1″]

Post source : https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=99&idmateri=168&mnu=Materi1

Related posts