Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2017

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Simulasi UNBK 2017 tahap awal memang dijadwalkan oleh Kemdikbud melalui Puspendik yaitu tanggal 21-24 November 2016 yang lalu untuk SMA/MA dan SMP, dan 28 November – 1 Desember 2016 yang lalu untuk SMK.

Kemudian pada Simulasi II akan dilaksanakan pada tanggal 13 Februari (Senin) untuk mata pelajaran Matematika SMK, dan 14 Februari (Selasa) untuk mata pelajaran Bahasa Inggris SMK. Dalam simulasi ini hanya akan disimulasikan 2 mata uji saja.

Jadwal lengkapnya adalah sebagai berikut :
1. 13 Februari (Senin) : Simulasi Matematika SMK
2. 14 Februari (Selasa) : Simulasi Bahasa Inggris SMK
3. 20 Februari (Senin) : Simulasi Mata ujian Pilihan SMA
4. 21 Februari (Selasa) : Simulasi Bahasa Inggris SMA
5. 27 Februari (Senin) : Simulasi Matematikan SMP/MTs
6. 28 Februari (Selasa) : Simulasi Bahasa Inggris SMP/MTs.

Adapun ketentuannya yaitu setiap siswa dapat mencoba ujian Bahasa Inggris dan dua Mata pelajaran lainnya, berdasar pilihan siswa sendiri (setiap hari satu mata pelajaran). Biaya penyelenggaraan di sekolah ditanggung oleh sekolah masing-masing. Dan nantinya Skor hasil simulasi akan diumumkan.

Ini merupakan tahun pertama bagi SMKS TI Muhammadiyah 11 Sibuluan sebagai penyelenggara UNBK, berkat dukungan dari berbagai pihak yang peduli dengan SMKS TI Muhammadiyah 11 Sibuluan Tapanuli Tengah. Semoga penyelenggaraan UNBK di SMKS TI Muhammadiyah 11 Sibuluan tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Aamiin.

Related posts