Materi KJD : 2. Perakitan Komputer (Bagian 3)

Mata Pelajaran : Komputer dan Jaringan Dasar (KJD)
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Tingkat / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Guru Pengampu : Rudi Akbar Saragih

3.2. Menerapkan Perakitan Komputer (Bagian 3)

3.2.2. Menentukan Spesifikasi Komputer Sesuai dengan Kebutuhan Pekerjaan

B. Alat Kerja Perakitan Komputer

Sebelum melakukan perakitan komputer, tentunya kita membutuhkan alat dan bahan. Alat-alat untuk perakitan komputer berfungsi untuk membuka dan memasang bahan yang diperlukan saat merakit komputer. Sedangkan bahan adalah komponen-komponen yang akan dirakit sebagai komputer, seperti yang sudah dibahas dalam materi anatomi komputer.

Berikut ini adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk melakukan perakitan komputer :

1. Obeng
Obeng berfungsi untuk membuka dan memasang baut-baut yang ada pada komputer. Umumnya terbagi atas dua macam, yaitu obeng plus (+) dan obeng minus (-).

2. Tang
Tang berfungsi untuk menjepit benda-benda kecil yang sulit untuk dipegang dengan tangan. Jenis tang yang digunakan di sini adalah tang lancip (capit buaya). Atau dapat juga digantikan dengan menggunakan pinset.

 

3. Gelang Anti Listrik Statis
Gelang anti listrik statis atau sering disebut gelang anti statis berfungsi untuk menetralisir atau menghilangkan elektrostatis yang ada pada tubuh manusia. Sehingga komponen-komponen atau perangkat-perangkat keras komputer tidak terdegradasi kualitasnya.

4. Multimeter/Multitester
Multimeter atau multitester berfungsi untuk mengukur tegangan ataupun hambatan pada sumber tegangan dan komponen-komponen perangkat komputer. Biasanya terdiri dari dua macam yaitu multimeter analog dan multimeter digital.

 

Selain alat-alat yang disebutkan di atas, masih ada peralatan lain yang digunakan untuk keperluan khusus. Namun, alat-alat di atas merupakan yang paling umum digunakan.

Unduh/Download Materi

Related posts