SMK Swasta Muhammadiyah 11 Sibuluan

Loading

Rilis Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA SMK 8.4.0

bukupanduan8.4.0Menindaklanjuti dengan telah dirilisnya Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0, Tim Dapodikmen SMA-SMK telah menyelesaikan “Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0”. Buku tersebut disusun dalam rangka untuk memberikan pedoman dan mempermudah para Operator Dapodik SMA-SMK dalam menjalankan dan melengkapi data pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0. Buku panduan ini berisikan petunjuk dan pedoman mengenai tata cara pengisian data, alur entri data, dan prosedur melakukan proses transaksional serta periodikal secara lengkap.

Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0 menjabarkan secara lengkap tata cara pembentukan rombongan belajar serta pengisian data pembelajaran untuk Sekolah yang menggunakan Kurikulum KTSP 2006 maupun Kurikulum 2013 untuk SMA dan SMK. Dalam buku panduan ini juga disertakan tutorial melakukan proses verifikasi dan validasi tida entitas data pokok yang diselengaraakan oleh PDSPK, yaitu Verifikasi dan Validasi Satuan Pendidikan (VervalSP), Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (VervalPD), serta Vervifikasi dan Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (VervalPTK).

Dilakukannya penyempurnaan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas dan kelengkapan data Dapodik SMA-SMK. Secara khusus bertujuan mendukung proses verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh PDSPK serta dalam rangka mendukung kevalidan data untuk transaksional di lingkungan Kemendikbud. Pada aplikasi Dapodik SMA-SMK versi 8.4.0 telah dilakukan pengembangan dan pembenahan pada data referensi terkait implementasi kurikulum dan pembelajaran maka di buku panduan yang baru ini menjelaskan rambu-rambu pengisian datanya khususnya untuk mendukung kevalidan data di sistem transaksional di Ditjen GTK.

Semoga buku panduan ini akan bermanfaat dan memberikan pencerahan sehingga pada akhirnya mendorong tercapainya data Dapodik SMA-SMK 100% baik secara kuantitas maupun kualitas.

Sumber

Tinggalkan Balasan