Jadwal UN 2016: Senin Siswa SMA, SMK Sederajat Sudah Siap Laksanakan Ujian Nasional

Sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, Ujian Nasional (UN) 2016 buat siswa SMA/SMK sederajat akan digelar pada Senin, 4 April 2016 besok s/d 7 April 2016 mendatang. Sama dengan tahun kemarin, UN th. ini bakal diselenggarakan memakai dua sistem. Sebagian sekolah ada yang memakai sistem Paper Based Test (UN-PBT) atau memakai kertas manual, serta sebagian sekolah lagi menggelarnya dengan UNBK atau UN Basis Computer.

Proses UN 2016 buat siswa SMA dan SMK ada sedikit perbedaan jadwal. Dimulainya memang keduanya sama pada Senin, 4 April 2016. Hanya saja, selesainya yang tidak serupa. Buat siswa SMA sendiri bisa mengadakan ujian hingga 6 April 2016. Sedangkan buat SMK s/d 7 April 2016.

Seusai digelarnya Ujian Nasional serentak ini, bagi siswa yang berhalangan untuk melaksanakan pada jadwal yang sudah ditentukan, maka diperkenankan untuk menempuh ujian susulan yang dihelat pada satu minggu seusai UN utama. Untuk UN PBT bagi siswa SMA, ujian susulan bakal dilangsungkan pada 11 hingga 13 April, sementara siswa SMK pada 11 hingga 14 April. Kemudian untuk siswa yang sekolahnya menggelar UNBK, maka ujian susulan dilaksanakan pada 18 hingga 20 April.

Saat ini sendiri peserta UNBK telah mengalami peningkatan yang sangat besar dari tahun lalu. Tercatat jumlah murid yang mengikuti dari jenjang SMA dan juga SMP sebanyak 921.862. Bahkan kenaikannya sampai dengan 900 persen, dimana tahun kemarin peserta yang mengikuti hanya sekitar 170.000. Hal tersebut ini seperti yang telah diterangkan oleh Anies Baswedan selaku MENDIKBUD

Hasil dari Ujian Nasional pada tahun ini bukanlah suatu kepastian dari murid untuk lulus atau tidak. Yang memastikan lulus tidaknya murid tahun ini adalah hasil dari ujian sekolah. Nilai yang diperoleh dari UN berfungsi nanti sebagai satu hal yang dipertimbangkan saat masuk ke perguruan tinggi. Bagi siswa yang memiliki nilai UN kurang baik dan berniat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang memiliiki standard nilai UN yang tinggi, maka siswa tersebut bisa untuk mengikuti UN Perbaikan. Untuk jadwal UN perbaikan sendiri, seperti yang disampaiikan oleh Anies Baswedan bahwa akan digelar sekitar bulan Agustus atau bulan Oktober.

Sumber

Related posts